mobile-phone-in-hand-007

Pilihan Online Behavioral Advertising dalam Digital Advertising

Dalam Digital Advertising, ada banyak sekali pilihan cara untuk mengiklankan suatu produk, jasa, website, dan lain-lain. Salah satu pilihan yang menjadi tren dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari model ekonomi di dunia maya adalah online behavioral advertising atau iklan yang berbasiskan perilaku. Yang dimaksudkan dengan perilaku disini adalah perilaku pengguna browser dalam mengunjungi website-website yang ada di internet yang dipantau sehingga bisa diketahui minat dari pengguna. Pemantauannya adalah dengan menggunakan cookie yang tersimpan di browser dan dikumpulkan untuk mengetahui jenis website yang sering dikunjungi sebagai minat pengguna. Selanjutnya, iklan yang akan muncul disesuaikan dengan minat. Sebagai contoh, jika pengguna senang mengunjungi web kesehatan, maka iklan yang muncul adalah sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan.

Jenis pemasangan iklan seperti ini sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak baik bagi pengguna internet dan tentunya bagi pemasang iklan. Bagi pengguna internet, iklan yang sesuai dengan minat akan lebih menyenangkan dan informatif daripada iklan yang tidak sesuai dengan kesenangan. Sebagai contoh, para pencinta fashion akan lebih senang melihat iklan berbau fashion daripada iklan otomotif. Begitu pula sebaliknya. Para pencinta otomotif, mungkin tidak suka dengan iklan fashion. Walaupun terkadang pengguna kesal karena merasa diikuti oleh iklan yang sama saat membuka berbagai website, namun ada beberapa waktu disaat iklan menjadi salah satu kebutuhan pengguna internet. Disaat pengguna sedang mencari produk tertentu, iklan menjadi sumber informasi yang bisa menghemat waktu pencarian.

Bagi pemasang iklan, iklan seperti ini akan lebih tepat sasaran karena akan muncul dihadapan pengguna-pengguna internet yang memiliki ketertarikan terhadap bidang tersebut. Jadi, kemungkinan iklan akan dibaca dan diklik lebih besar. Selain itu, iklan tidak hanya muncul di satu website saja tetapi bisa muncul di berbagai jenis website sehingga jangkauannya lebih luas tetapi tetap tepat sasaran. Namun, tentunya digital marketing tidak bisa dilakukan dengan satu cara saja. Optimasi marketing dengan memadukan berbagai metode seperti menambahkan Social Media Marketing dalam strategi marketing akan sangat membantu kesuksesan penjualan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>