5 Tips komunikasi yang efektif dan baik dengan karyawan pertama

5 Cara Berkomunikasi Dengan Karyawan Di Hari Pertama Kerja

Perkembangan sebuah bisnis tentunya membutuhkan karyawan pula, jika saat ini kamu sedang mengembangkan proses marketing dari rintisan bisnis yang sedang kamu geluti dan berniat untuk merekrut karyawan pada pengalaman yang pertama maka kamu membutuhkan tips terkait dengan membangun komunikasi di hari pertama kerja, adapun tips selengkapnya seperti:

Buat List Job

Sebelum perekrutan kamu lakukan, persiapkan dengan matang tugas yang harus dilakukan oleh karyawan baru nantinya. Ambil secarik kertas lalu buatlah list jobnya dengan rapi. Susunan list ini dapat mengurangi perbincangan yang kurang berarti sekaligus mempermudah susunan pekerjaan yang nantinya harus dilakukan oleh karyawan baru tersebut dengan struktur melalui perform yang rapi.

Santaikan Sikap

Ketika bertemu dan berkomunikasi dengan karyawan pertama, tentunya akan sedikit kaku dihantui oleh rasa takut maupun rasa canggung.  Ingatlah selalu bahwa sekarang kamu merupakan pemimpin bagi karyawanmu jadi sebisa mungkin binalah komunikasi yang baik dan efektif dan hindari kaku maupun canggung tadi dengan sikap yang santai. Sikap yang santai akan membangun kedekatan dengan karyawan sehingga karakter dari karyawan pun akan mudah diketahui. Santai bukan berarti tidak tegas, namun sesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Konsisten Dalam Komunikasi

Bangunlah komunikasi ringan secara konsisten. Artinya perhatikan dengan penuh komunikasi yang sedang kamu jalin dengan menghindari penggunaan hp atau hal lain untuk membat karyawan akan respek terhadapmu. Hubungan pun akan semakin lancar walaupun tidak terlalu sering, disamping itu saling sapa tegur juga akan menambah hubungan menjadi lebih hangat dengan kesan ramah yang diberikan.

Jaga Kejujuran

Kejujuran dalam hal apapun akan sangat mempengaruhi kehormatan daripada diri sendiri. Kejujuran lebih baik dengan niat untuk perbaikan daripada kebohongan dengan mengarang maupun mebesar-besarkan diri sedang buktinya tidak ada. Karena jika sekali saja kebohongan terbongkar, maka akan menghilangkan kepercayaan oranng lain meskipun dia adalah karyawanmu sekalipun. So, kejujuran sangatlah mahal harganya, oleh karenanya jangan sia-siakan.

Fikirkan Posisi Karyawan Pada Jenjang Selanjutnya

Memikirkan posisi karyawan pada jenjang selanjutnya juga merupakan hal yang sangatlah penting. Pasalnya sangat butuk jika karyawan tetap pada posisinya dan tidak naik tingkat dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, pertimbangkan secara matang kualitas, skill dan kemampuan dari karyawan yang akan kamu pilih untuk menunjang bisnis yang kamu kembangkan. Dengan begitu kamupun tidak akan rugi dengan memilih karyawan yang tepat, sebaiknya lakukan tes jika diperlukan demi memantapkan pilihan dalam perekrtan karyawan tersebut. dalam masa kerja pn juga sangat diperlukan sebuah evaluasi kerja agar semuanya dapat berjalan dengan baik dan sesai harapan.

Sekian 5 tips diatas jika kamu ingin mengetahui lebih dalam seputar bisnis maka kamu bisa berkonsultasi dengan Lembaga Training Konsultasi Bisnis agar bisnis yang kamu jalankan terarah dengan baik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>